Penulisan Teks di HTML

Pada umumnya, melakukan penulisan teks atau paragraf di dokumen HTML hampir sama dengan menulis dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word atau aplikasi teks editor lainnya. Yang menjadi perbedaan antara menulis teks di HTML dan teks editor adalah jika melakukan penulisan teks di dokumen HTML harus menggunakan tag elemen HTML seperti <h1> (elemen heading) dan <p> (elemen paragraf). Sebenarnya bisa saja melakukan penulisan teks tanpa menggunakan tag elemen tetapi harus dihindari dan tidak dianjurkan.

Kode Editor

Preview

Penulisan Teks Heading

Heading biasanya digunakan untuk penulisan judul halaman atau sub judul. Penulisan heading di dalam dokumen HTML harus diawali dengan tag awal seperti <h1> dan diakhiri dengan tag akhir </h1>. Terdapat enam buah heading di dalam dokumen HTML, yaitu <h1>, <h2>, <h3>, <h4>, <h5>, dan <h6>.

Kode Editor

Preview

Penggunaan heading sangat penting untuk seorang penulis dalam membuat sebuah tulisan seperti dalam penulisan artikel, karya tulis, berita, dan lain-lain. Dengan menggunakan heading akan memudahkan penulis dan pembaca dalam melakukan navigasi konten atau isi dari sebuah tulisan.  Heading dapat memiliki beberapa sub heading, dan setiap sub heading dapat memiliki beberapa sub sub heading dan seterusnya. 

Kode Editor
Preview

Penulisan Teks atau Paragraf

Di dalam dokumen HTML penulisan teks atau paragraf harus diawali dengan tag <p> dan diakhiri dengan tag </p>. HTML tidak akan membaca spasi lebih dari satu dan juga tidak akan membaca garis baru yang dibuat dengan menggunakan tombol enter.

Kode Editor
Preview

Jika ingin membuat alinea atau paragraf baru, maka harus mengulangi menggunakan tag <p> atau menggunakan tag <br>, dan tag <br> tidak memiliki tag akhir.

Kode Editor
Preview

Penulisan Teks Tautan (Hyperlink)

Penulisan tautan atau link pada teks harus menggunakan elemen <a> dengan menyisipkan atribut href pada elemen <a>.  Contohnya <a href=“https://www.lalacomputer.com”>Lala Computer</a>.

Kode Editor
Preview

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *