Pengenalan Dasar HTML

Pengenalan Dasar HTML

HTML (Hypertext Markup Language) adalah standar bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web. Mayoritas halaman web dibuat dengan menggunakan HTML. HTML terdiri dari beberapa rangkaian elemen HTML yang terstruktur agar berfungsi untuk menampilkan halaman web. Halaman HTML dapat disematkan kode seperti CSS dan JavaScript agar tampilan dan fungsi halaman web berjalan dengan baik. Berikut ini adalah contoh kode dan tampilan HTML, silakan edit kodenya untuk melihat perubahaan.

Kode Editor

Preview

  • <!DOCTYPE html> mendeklarasikan bahwa dokumen tersebut adalah HTML5.
  • <html> adalah elemen dasar dari halaman HTML yang memuat seluruh konten.
  • <head> adalah elemen yang berisi informasi meta tentang halaman HTML seperti judul halaman, deskripsi halaman, kata kunci, dan lain sebagainya. Seluruh konten yang berada di dalam <head> tidak akan ditampilkan.
  • <title> adalah elemen untuk menentukan judul halaman HTML.
  • <body> adalah elemen untuk menampilkan konten yang terdapat pada halaman HTML seperti, teks, gambar, video, dan lain-lain.
  • <h1> adalah elemen yang mendefinisikan heading utama pada halaman HTML (biasanya untuk menampilkan judul pada halaman web).
  • <p> adalah elemen yang mendefinisikan bahwa ini adalah paragraf.

Struktur HTML

<html>
<head>
<title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
<h1>Ini Adalah Heading</h1>
<p>Ini adalah paragraf</p>
</body>
</html>

Versi HTML

Versi HTML yang terbaru yang dipublikasikan oleh W3C adalah versi 5.3. Dalam versi ini, fitur-fitur baru terus diperkenalkan untuk membantu pengembang web. Elemen-elemen baru terus diperkenalkan berdasarkan penelitian ke dalam praktik penulisan yang berlaku, dan perhatian khusus terus diberikan untuk mendefinisikan kriteria kesesuaian yang jelas untuk agen pengguna dalam upaya meningkatkan interoperabilitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *