Format Teks HTML

Sebuah tulisan biasanya mengandung format teks seperti cetak tebal, cetak miring, rata kiri, rata tengah, rata kanan, dan lain-lain. Jika kita menulis menggunakan aplikasi seperti Microsoft Word mungkin akan sangat mudah, karena kita tinggal mengeklik tombol yang sudah disediakan oleh aplikasi tersebut. Berbeda dengan memformat teks di HTML, kita harus menyisipkan tambahan elemen untuk memformat teks tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh untuk merubah format teks di halaman HTML.

Teks Cetak Tebal, Miring, dan Garis Bawah (Bold, Italic, Underline)

Untuk merubah format teks menjadi cetak tebal, miring, dan garis bawah diperlukan elemen <b> untuk cetak tebal, elemen <i> untuk cetak miring, dan elemen <u> untuk garis bawah. Untuk format cetak tebal bisa juga menggunakan elemen <strong>, cetak miring menggunakan elemen <em>, dan garis bawah menggunakan elemen <ins>. Tetapi penggunaan elemen <strong> dan <em> untuk mendefinisikan bahwa teks tersebut penting.

Kode Editor
Preview

Teks Rata Kiri, Tengah, Kanan, dan Kiri-Kanan (Left, Center, Right, Justify)

Untuk mengatur format teks menjadi rata kiri, tengah, kanan, dan kiri-kanan, bisa menggunakan atribut style atau CSS dengan menambahkan nilai text-align (left, center, right, justify).

Kode Editor
Preview

Catatan:

Pengaturan standar teks di halaman HTML adalah rata kiri, jadi untuk memformat teks menjadi rata kiri tidak perlu menggunakan apapun.

Ukuran dan Warna Teks

Untuk ukuran dan warna teks, sama halnya seperti pengaturan format teks rata kiri, tengah, kanan, dan kiri-kanan, yaitu dengan menggunakan atribut style dan CSS.

Kode Editor
Preview

Teks Strikethrough, Superskrip, dan Subskrip

Untuk penulisan strikethrough menggunakan elemen <del>, superskrip menggunakan elemen <su> dan subskrip menggunakan elemen <sub>.

Kode Editor
Preview

Menandai Teks

Untuk menandai teks, elemen yang digunakan adalah elemen <mark>.

Kode Editor
Preview

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *